Pendidikan Islami Sejak Usia Dini

Pendidikan Islami sejak usia dini memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan akhlak mulia pada anak-anak, yang implementasi nilai-nilai pendidikan Islami dimulai sejak usia dini dengan menanamkan aqidah yang kuat. Hal ini merupakan bagian dari upaya untuk melahirkan generasi yang Islami, bahkan sebelum seorang anak dilahirkan diupayakan seorang laki-laki muslim harus selektif dalam memilih calon istri yang akan menjadi ibu bagi anak-anaknya kelak dengan menjatuhkan pilihan atas dasar agama yang kuat.


Usia dini merupakan masa emas bagi anak-anak, di mana pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental mereka sangat signifikan. Pada masa ini, pembentukan watak; kepribadian dan karakter anak terjadi. Oleh karena itu, penting untuk memberikan pendidikan agama sejak dini agar tercipta manusia yang berakhlak mulia.

Pendidikan agama Islam diberikan kepada anak sejak dini melalui pengenalan terlebih dahulu mengenai ciptaan Allah tentang alam dan seisinya, pengenalan ibadah terutama sholat; wudhu; membaca doa sehari-hari serta pembiasaan-pembiasaan yang bernuansa Islami agar terbentuk akhlak karimah .

Konsep pendidikan Islami pada usia dini melibatkan pendidik yang bertanggung jawab terhadap perkembangan peserta didik dengan upaya mengembangkan seluruh potensi mencakup pengasuhan; pembiasaan dan pengenalan belajar. Metode Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam perspektif pendidikan Islam sangat bervariasi dengan latihan dan pengamalan; mendidik melalui permainan; nyanyian; cerita; mendidik dengan (targhib) dan (tarhib); pujian dan sanjungan serta menanamkan kebiasaan yang baik.



Pendidikan Islam pada anak usia dini juga diakui sebagai pendidikan yang paling awal yang diselenggarakan sejak anak-anak masih berusia dini. Hal ini menunjukkan kesadaran akan pentingnya memberikan pendidikan agama sejak usia dini, dengan membentuk karakter; akhlak dan kepribadian anak-anak agar menjadi generasi yang Islami dan berakhlak mulia.

Posting Komentar untuk "Pendidikan Islami Sejak Usia Dini"